Cerita MPASI (9mo)

Standard

Eyaampun udah ganti taun aja dong ya….dan gw masih aja sering nunda-nunda update blog *hadeeeuuuhh..*

Yuk ah mari mari kita review dulu MPASI 9 bulannya Fatih. Yuk mari bu…

Pamer gigiiiiii

Pamer gigiiiiii

Dari hasil pengamatan gw di usia 9 bulan ini Fatih lagi seneng-senengnya pamer keahliannya merangkak dan berdiri. Suka kabur-kaburan. Kabur ke dapur, kabur ke bawah tangga, kabur ke kolong meja. Oke nak, teruskan. #lalu emaknya manggil tukang pijet

Aktivitas kabur-kaburan ini ngaruh ke proses makan Fatih. Ya, karena Fatih mulai lincah pergerakannya akhirnya proses makan pun ga bisa diem duduk manis. Ga ada lagi deh ceritanya Fatih makan sambil duduk di booster. Kalo ga sambil main, ya sambil digendong, atau pake stroller. Iya siiih emang ga sesuai ruke ya… Dicoba berkali-kali tetep didudukin di stroller eh bocahnya ngamuk. Walhasil moodnya jadi ga oke, daaannn kaga mau makan deh. Yaaa…bukan contoh yang bagus ya mak, karena pan katanya kalo makan harus di meja makan. Tapi gimana lagi ye, kalo ga gitu Fatih makannya cuma beberapa suap atau bahkan kaga mau makan sama sekali.

Di postingan nyang ini gw pernah nulis bahwa oatmeal adalah penolong saat nafsu makannya lagi ngumpet. Etapi yaaaa sekarang ada “conditional if”-nya, Fatih mau makan oatmeal tapi ga sembarang oatmeal. Oatmeal + jeruk dia doyan, tapi giliran oatmeal+ayam eeh dia ga suka. Oatmeal+kismis dia juga ga suka… Setelah diselidiki ternyata doi suka yang berkuah-kuah. Oke cuy, besok kita ngebakso yuuk.

Beberapa hari kemaren sempet makannya cuma seuprit. Nasi + sup ga mau masuk, oatmeal ga doyan, cookies dilepeh, etapi jus tetep habis. Akhirnya gw berinisiatip memblender lagi makananya. Bikin sup krim kentang, sup tomat ayam. Alhamdulillah Fatih mau.

Kalo diamati Fatih lebih antusias kalo masukin makanan sendiri ke mulut. Soalnya kalo dia lagi merangkak trus tiba2 menemukan serpihan apa gitu di lantai eelangsung dia makan. Tapi giliran disuapin melengos duluan. Yakalo semacam buncis, wortel, biskuit memang Fatih makan sendiri tapi kalo kaya tahu, pisang, yaa yg lembek2 gitu masih disuapin soalnya bakalan dibejek-bejek doang kalo dia yang pegang.

Bahan makanan baru yg dikenalkan di umur 9 bulan ini adalah salmon, santan dan kismis. Santan dan kismis gw pake buat campuran kacang ijo atau kacang merah. Kalo buat kismisnya buat cemilan Fatih kurang suka. Fatih kayanya alergi sama salmon atau kenapa gitu ya. Soalnya setelah makan salmon body-nya jadi ga oke, bobonya gelisah, poopnya bau menyengat warna item. Gw ga tau apakah karena salmonnya udah jelek atau apa.  Yang pasti ini kondisi badan yang ga oke bikin fatih ga mau makan, lemes, lesu. Yasudah kita tinggalkan salmon untuk sementara sampai beberapa bulan ke depan.

Jadwal makannya masih sama seperti bulan-bulan sebelumnya. Bangun tidur makan buah potong atau jus. Setelah jalan-jalan pagi sama si mbak biasanya Fatih tidur. Bangun tidur lanjut sarapan. Antara sarapan dan makan siang Fatih minum asip 1 botol 120 – 150 ml. Setelah itu tidur lagi. Abis tidur lanjut makan siang. Antara makan siang dan makan sore diselingi asip 1 botol 120 – 150 ml. Sekitar jam 3 mandi sore. Abis mandi sore lanjut makan sore.

Demikian buibu cerita MPASI Fatih di usia 9 bulan….saya undur diri dulu #matiinmic #turunpodium #nungguintepuktangan #kokgaada #yaudahbiarin

Cerita MPASI (8mo)

Standard

Tanggal 18 setiap bulannya, otak gw berpendar menyalakan semacam alarm penanda ada sesuatu di tanggal itu. Selain di tanggal itu gw harus nyiapin gaji buat mbak squad (gajian tanggal 19 bok), di tanggal 18 juga gw harus menyiapkan diri untuk tantangan selanjutnya. Penonton ada yang tau???

Hayooo apa coba tebakkk??
Ya itu ibu yang dipojokan, apa bu?? Lebih kenceng lagi buuuu…. *lempar toa*
Yak betul bu….,  tiap tgl 18 umur Fatih bertambah 1 bulan.

Nah…itu berarti di 18 November ini Fatih sudah 9 bulan ya. Alhamdulillah….

Ceritanya lagi ngemil nugget daging kukus

Ceritanya lagi ngemil nugget daging kukus

Seperti sebelum2nya, kali ini gw juga akan mereview MPASI Fatih di usia 8 bulan

Jadi begini ceritanya…

Di usia 8 bulan Fatih makannya sudah lebih beraneka ragam daripada bulan-bulan sebelumnya. Tekstur makanan sudah meningkat, ga tekstur bubur lagi karena tampaknya dia sudah mulai bosen sama makanan bentuk bubur entah itu bubur halus maupun saring. Maunya makanan yang agak-agak padat. That’s why emaknya berinisiatif ngasih nasi lembek. Alhamdulillah…makannya kadang mau kadang ga. Jadi si slow cooker takahi udah ga pernah bikin bubur nasi lagi. Cuma dipake buat bubur kacang ijo aja.

Contoh menu MPASI 8 bulan Fatih adalah seperti ini:

Bangun tidur      : mangga potong
Pagi                        : bubur kacang hijau (biar ada manisnya gw kasih pir)
Siang                     : nasi + ayam
Sore                       : perkedel kentang kukus
Cemilan                : brokoli + buncis

Kadang kalo liat bodynya yang bahenol itu looks like Fatih makannya heboh bener ya, etapi jangan salah buibu…., adakalanya Fatih juga males makan. Awalnya masuk beberapa suap tapi setelah itu…ya makanan tetep masuk mulut sih tapi abis itu dilepeh kaga ditelen. Ya gimana yaa…mungkin emang lagi males makan aja waktu itu. Mungkin lagi bosen sama makanannya, mungkin lagi ga mood makan, mungkin lagi pengen maen, dan berbagai kemungkinan lain. Nafsu makan anak emang ga bisa ditebak ya mak, hari ini lahap besok belum tentu. Bisa lahap bangeet, atau bahkan ga mau sama sekali. Bisa karena bosen sama makanannya, lagi ga mood atau ya emang ga pengen aja. Biar mood makan Fatih tetep terjaga biasanya gw akalin dengan ganti bahan makanan tiap harinya. Kalo hari ini udah nasi besok ganti kentang atau roti atau oatmeal.  Atau ya paling lama 2 hari lah, soalnya kalo udah hari ke3 dengan makanan yang sama, dari pengalaman yang sudah-sudah bakalan mingkem deh tuh mulut.

Nah, kalo udah berganti makanan tapi Fatih tetep ga mau makan juga itu tandanya senjata pamungkas harus dikeluarkan. Mari kita sambut bersama [jreng jreng jreeeeng *critanya backsound*]…OATMEAL. Yak, oatmeal sodara-sodara. Oatmeal plain, oatmeal  pake bawang, oatmeal pake buah, puding oatmeal, semua doyan.  Iiihhh pengen cium tangan satu-satu deh sama yang nemu oatmeal ini

Oya, Fatih sudah gw kenalan sama agar-agar plain, hunkwe, dan roti. Agar-agarnya gw campur sama buah. Hunkwe dicampur sama oatmeal, jagung, labu. Yaa suka-suka emaknya lah dan menyesuaikan dengan isi kulkas.

Nah, karena giginya sudah empat (dua gigi bawah + dua gigi atas) Fatih sangat amat gemar menggigit. Gigit apa aja yang bisa digigit. Termasuk gigit mulut emaknya buat bangunin. Biar hobi mengigitnya ini tersalurkan akhirnya Fatih gw kasih biskuit. Biskuitnya pesen di olshop hasil nyari di instagram soalnya di rumah belum ada oven yang mana sangat berguna buat bikin-bikin cemilan macam biskuit dan sodara-sodaranya (alasan aja tuh, padahal mah males aja emaknya). Walopun tanpa gula garam, rasa biskuitnya tetep enak tapi sayangnya biskuit ini rapuh banget. Memang sih sudah ada tulisannya kalo biskuitnya gampang ancur, tapi yang gw bayangin itu masih bisa dipegang, ancurnya kalo pas diemut eh  ini mah dipegang aja udah ancur. Jadi ga bisa deh dipegang Fatih, bakalan hancur jadi serpihan kalo dia yang megang mah. Akhirnya ya mesti disuapin.
Yaa next time ya kalo proposal beli oven sudah disetujui sama bapaknya , gw praktekin deh tuh koleksi resep2 MPASI.

Yah begitulah kira-kira perjalanan MPASI Fatih di usia 8 bulan. Selalu ada tantangan setiap harinya. Bikin emaknya mau ga mau jadi lebih rajin browsing menu, kreatif mengolah makanan, dan memaksa emaknya lebih sering turun di dapur, and… It’s fun. Rasanya sueneeeng deh kalo Fatih doyan sama makanan yang gw bikin.

Ditunggu ya bu…cerita MPASI episode berikutnya

Cerita MPASI (7mo)

Standard

Ahhayyy…., tanggal 18 bulan Oktober ini Fatih sudah 8 bulan. Mulai ngoceh-ngoceh nimpalin orang ngomong. Mulai belajar merangkak. Seneng kalo diberdiriin. Sudah mulai menjajah tempat tidur karena gaya tidurnya yang ajaib dan berujung pada lengsernya si bapak ke bed tambahan. Dan sudah mulai bikin emaknya meringis karena gigitannya waktu nenen. Iya, Fatih sudah numbuh 2 gigi.

Alhamdulillah, sehat terus ya nak.

Hai...,gigiku sudah 2

Halo…,gigiku sudah 2 loh

Nah karena Fatih sudah 8 bulan dan sesuai janji di postingan yg ini, maka sekarang saatnya gw mereview mpasi 7 bulan Fatih.

Yuk cekibrot mak.

Seperti di bulan sebelumnya, di usia 7 bulan ini gw masih berpedoman pada bukunya Wied Harry walaupun ga sama persis. Di usia 7 bulan Fatih jadwal makannya sudah 3 kali. Pagi makan puree buah atau minum jus. Siang makan bubur lembut dan sore makan bubur saring. Atau kalo siangnya makan bubur saring, sorenya gantian makan bubur lembut.

Apa itu bubur saring?
Bubur saring adalah bubur yang disaring  *heh…jawaban macam apa ituuu???*
Maksudnya setelah dimasak, itu bubur kaga diblender lagi tapi cukup disaring pake saringan kawat. Tujuannya biar buburnya ga terlalu halus tapi masih terasa teksturnya. Biar anak bisa belajar ngunyah gitu mak.

Karena Fatih hobi banget memasukkan semuanya ke mulut dan udah hobi gigit-gigit (sepertinya dia sedang mengekslorasi fungsi giginya yang baru dua itu), kadang gw kasih buncis kukus atau wortel, atau sayuran lainnya.

Pertama dikenalin ke bubur saring, pupnya jadi keraasss. Dan dia ngedennya heboh, sampe mukanya merah. Padahal asupan air putih sudah banyak, sudah dikasih pepaya, pir yang li (yang konon katanya berhasil mengatasi sembelit) tapi tetep aja keras itu pupnya. Akhirnya gw memutuskan untuk kembali memblender mpasinya. Dan bener loh setelah diblender poopnya kembali normal. Setelah itu bertahap mulai disaring lagi, alhamdulillah kaga kejadian lagi tuh pupnya keras.

Ga tiap hari gw kasih bubur nasi sebagai karbonya. Gw variasikan aja. Kadang kentang, singkong, atau ubi. Tapi Fatih sepertinya kurang cocok sama ubi. Dua kali nyoba makan ubi, malemnya bobonya gelisah, ga nyenyak. Mungkin karena perutnya kembung, banyak gasnya. So, ubi kita skip dulu. Biar ubinya buat emaknya aja.

Sesekali Fatih juga gw kenalin ke protein hewani, seperti daging merah, ayam, ikan. Untuk ikan gw pilih ikan air tawar semacam gurame, bawal, mujair untuk jaga-jaga kemungkinan alergi. Karena kalo melihat riwayat dari bapaknya, curiga ada bakat alergi.

Oya, fatih juga udah mulai sesekali makan keju + butter.

Contoh menu MPASI Fatih di usia 7 bulan adalah seperti ini:
Pagi : jambu biji + pir
Siang : bubur lembut kentang brokoli
Sore : bubur saring nasi + ayam + wortel

Ada kalanya Fatih ga selera sama makanannya. Beberapa kali makan sama gw ko ya pas lagi banyak mingkemnya, walhasil cuma bisa masuk dikit makanannya. Tapi ya sudah, ga gw maksa jejel-jejelin juga.
Gw sempet agak-agak mulai pusing juga pas gw suapin ko mingkem. Entah itu karena dia lagi bosen, lagi ga laper, atau karena yang nyuapin emaknya. Karena kalo sama emaknya dia maunya nyusu.

Oya, biar makanannya ada rasa gurih-gurih sedep kadang gw kasih kaldu. Biasanya kaldu ayam, atau kaldu sapi bikin sendiri.

Jadi selain mainan, baju, buku, remote, hp, dan berbagai benda lainnya, makanan yang sudah masuk ke mulut Fatih adalah :
Buah : Apel, pir, semangka, melon, pisang, alpukat, buah naga, jambu biji, mangga, jeruk, pepaya.
Sayuran : Bayam, buncis, wortel, kacang polong, jagung, tomat, sawi, kentang.
Protein hewani : daging ayam, daging sapi, ikan.
Protein nabati : tahu, tempe
Karbo : beras putih, beras merah, ubi, singkong
Bumbu : bawang putih, bawang merah, daun salam, jahe.

Oke pemirsah…,sekian ya review MPASI 7 bulan Fatih. Nantikan review MPASI selanjutnya

*fyuuuh…akhirnya setelah mengumpulkan hasrat menulis yang (lagi-lagi) mulai berceceran, tulisan ini selesai juga. Sepertinya memang harus dipaksa nulis nih, biar blog ini tetep hidup*

Cerita MPASI (6mo)

Standard

puree apel..mmmm enaaakk

puree apel..mmmm enaaakk

*kipas-kipas + ngelap kringet + selonjoran dulu abis buang sarang laba-laba dan bangke kecoa, secara ya udah lama banget kaga ada postingan*

Ihuyyy udah 7 bulan aja ini baby Fatih. Itu juga berarti sudah sebulan menjalani hari-hari ber-MPASI ria. Alhamdulillah so far lancar.

Semenjak hamil dan rajin mampir ke forum dan gabung milis emak-emak, gw bercita-cita ngasih MPASI buat Fatih yang terbaik yang gw bisa. Selama gw masih bisa menyiapkan (dengan dibantu si mbak tentunya) MPASI yang alami, sebisa mungkin ga pake yang instan buat MPASI fatih. Dengan berbekal buku Wied Harry, milis MPASI, dan sering mampir ke forum emak-emak gw mencoba mempraktekan menu MPASI dengan terlebih dulu membaca bismillah ^^

Bismillah…dan taraaaaa…..hari-hari MPASI pun sudah berjalan sebulan.

Nyok kita review MPASI sebulan pertama.

Setelah lulus ASIX, umur 6 bulan Fatih mulai berkenalan dengan makanan atau biasa dikenal dengan nama MPASI. Untuk MPASI ini gw ikut aliran buah-buahan. Jadi seminggu pertama Fatih berkenalan dengan buah-buahan terlebih dulu. Kenapa gw milih buah untuk MPASI pertama kaga perlu dibahas ya mak. Pembahasanannya udah tersebar, berceceran di forum dan milis-milis.

Menu MPASI hari pertama Fatih adalah pepaya. Kenapa pepaya? Karena adanya itu hehehe. Itu pepaya hasil kebon nenek Fatih (karena waktu itu pas lagi mudik lebaran). Disuapin papaya langsung mangap karena pada dasarnya dia memang suka masukin semuamuanya ke mulut. Setelah pepaya, buah-buahan lainnya juga sudah jadi menu MPASI Fatih. Jeruk, apel, pear, alpukat, pisang, melon, semangka, jambu biji, buah naga. Jeruknya ga harus jeruk baby, pepaya ga harus pepaya california, yang penting manis. Oya, biasanya menunya akan sama selama maksimal 3 hari karena katanya sih buat ngeliat ada alergi atau ga dengan bahan makanan itu. Dan lagi kalo buat gw itu sekalian ngabisin buah yang ukurannya ga sekali makan, kaya melon, pepaya, semangka. Biar ga mubazir gitu kali maksudnya ya.

Dua minggu pertama, Fatih makan sekali sehari yaitu setelah mandi pagi. Minggu ketiga sehari makan 2 kali yaitu setelah mandi pagi dan mandi sore. Menunya masih puree buah. Minggu keempat mulai dikenalin ke umbi-umbian dan sayuran. Kentang, ubi, kabocha, jagung, wortel. Untuk ubi gw milih ubi jepang yang tanpa serat dan maniiiis kaya gw.

Oya, untuk buah apel dan pear sebelum dihaluskan gw kukus dulu sampe lunak. Begitu juga dengan kabocha.

Contoh menu MPASI 6 bulan :

Pagi : puree pepaya

Sore : bubur ubi

Diantara sekian banyak buah-buahan yang sudah dikenalkan ke Fatih, juaranya adalah…..(jeng jeng jeeeeng *ceritanya backsound*) JAMBU BIJIIIII (prokprokprokkkk…dan jambu biji pun naik ke atas podium+trima piala citra+kasih kata sambutan).

Sebenernya apapun yang dikasih ke Fatih pasti dimakan, cuma kalo yang dia kurang suka itu habisnya lama. Kalo dikasih jambu biji cepet banget habisnya. Beda sama alpukat. Sudah dicoba dicampur air, asi, atau perasan jeruk tetep aja habisnya lama. Kalo dari jenis sayuran dia paling suka kabocha. Jangankan Fatih, emaknya juga doyan.

Menjelang 7 bulan Fatih mulai makan 3 kali sehari. Setelah mandi pagi, siang, dan setelah mandi sore.  Menu pagi adalah puree buah, siang bubur nasi + sayuran, dan sorenya umbi/ sayuran yang dibuat bubur lembut/ saring.

Contoh menu:

Pagi : Puree apel + jambu biji

Siang : Bubur nasi + brokoli

Sore : Kaboca + wortel

Biar buburnya ada rasa gurihnya, biasanya dikasih kaldu. Kaldu bikin sendiri ya bukan kaldu instan. Alhamdulillah masih tetep lahap. Apalagi bubur nasinya. Tandas, ga bersisa😀

Beras yang dibikin bubur adalah beras biasa, beras putih atau beras merah. Sama kaya beras yang emaknya makan. Bukan beras organik. Begitu juga dengan buah-buahan, gw beli buah di pasar tradisional. Hanya buah tertentu yang memang saat itu ga ada di pasar gw beli di total buah segar, seperti alpukat, kabocha,ubi jepang. Alhamdulillah doyan-doyan aja. Nurun emaknya nih, apa aja doyan. Alhamdulillah ga terlihat tanda-tanda alergi. Tingkatkan prestasimu Nak!!

Cukup ya reviewnya, next postingan gw review MPASI 7 bulan Fatih…

 

 

My New Life

Standard

It’s been 3 months…

Bulan ini gw hamper lupa (lagi) bayar listrik. Rutinitas baru semenjak gw punya status baru. Rutinitas baru sejak 3 bulan lalu. Itu baru 1 diantara sekian hal rutinitas baru yang gw lakukan sejak punya gelar ‘istri’. Bangun pagi, nyuci, masak, bersih2…(eh kok ga beda ya sama ART). Kecuali bangun pagi, rutinitas-rutinitas itu gw lakulan dalam kondisi khusus. Kondisi dimana gw ga cape, gw ga males, gw ga di luar kota….ngg..sayangnya gw sering ngerasa cape, males, dan sesekali tugas luar kota (lah??).

Ok, sekarang flashback ke 4 bulan lalu, 1 bulan sebelum gw nikah, masa-masa dimana gw lagi ribet-ribetnya ngurus remeh-temeh buat persiapan nikah. Walopun gw cuma kebagian ngurus undangan + souvenir tapi tetep aja itu bikin ribet. Bikin gw ga bias tidur nyenyak, ga bisa makan enak, ga bisa mandi, ga bisa mikir, ga bisa pup (mm..agak berlebihan memang…).

Pastinya untuk hari yang special gw pengen sesuatu yang special, yang unik, yang unyu, walopun kadang keinginan ga sesuai kenyataan (disesuaikan budget boo..oook). Setelah menyesuaikan keinginan dan kenyataan akhirnya gw dan (saat itu) pacar memutuskan buat pesen undangan di www.undanganpro.com. Ownernya enak diajak diskus dan harganya ga mahal-mahal amat. Tapi sayangnya bayarnya ga bisa nyicil sehari seribu.

Untuk souvenirnya kita pesen di salah satu kios di Pasar Mester Jatinegara. Kenapa? Gw milih pasar mester karena dari hasil browsing gw mengatakan bahwa disitulah sarangnya souvenir. Mau souvenir bentuk apapun ada, souvenir dari harga murah sampe yang bikin jatuh miskin juga tersedia. Awalnya gw milih kalender abadi (seabadi cinta kita berdua…tsaaaaaahhh), tapi pas liat wujud aslinya kok ya gitu ya…, ga lucu, jangan-jangan ntar malah berakhir di tempat sampah. Mubazir..

Pernah terpikir sih buat ngasih souvenir CD yang isinya rekaman suara kita berdua tapi resikonya adalah kita harus nyiapain dana tambahan untuk para tamu berobat ke THT setelah denger rekaman itu. Akhirnya batal deh niat itu. Setelah dipikir mateng-matang, akhirnya kita milih barang yang sangat berguna, unik, ga ada duanya, dan  langka dipasaran. Dan barang itu adalah……jeng jeng jeng jenggggg KIPAS BATIIKKK

KIPAS BATIK sodara-sodara…. KIPAS BATIK!!!!

Oke okeee..penggambaran gw memang tidak sesuai. Tapi at least souvenir gw berguna. Para tamu ga perlu sampe buka baju karena kegerahan, ga perlu pake piring buat dipake kipas-kipas kepanasan…

Gw pesen kipas batik 700 biji, tapi pas udah jadi kok gw ga yakin ya jumlah segitu cukup buat para tamu belum lagi kalo sodara-sodara pada ngambil. Haduww..ga bisa gini nih, mesti nambah nih. Biar gw bisa menlanjutkan hidup dengan tenang akhirnya gw pesen lagi dong. Tapi berhubung waktunya udah mepet gw ga mungkin pesen ke tempat yg sama, gw kapok harus ke pasar mester yg panasnya bikin gw pengen tidur di atas es. Akhirnya gw pesen onlen di rajawali-souvenir.com, pesen+transfer hari itu sorenya langsung dianter. Hasilnya….kipasnya lebih bagus ternyata cuy. Emang sih ga ada cap namanya, tapi beneran lebih bagus deh dari kipas batik. Lebih rapi gitu. Kalo yg kipas batik kadang ada aja batiknya yg ga rapi motongnya.

Ok, selesai sudah masalah souvenir. Sekarang gw tinggal berleha-leha menunggu hari H.

Saran gw ya, kalo jadi penganten itu ga usah sok-sok ikutan ribet. Duduk diem anteng aja deh, kecuali kalo lu pengen terserang meriang kaya gw. Ceritanya kan gw paling ga bisa duduk bengong sementara orang-orang sibuk pada bolak-balik kaya setrikaan. Jadilah gw ikut bantu ini, bantu itu, gotong itu, ngangkat ini, nyeret itu, benerin genteng, ngecat tembok..…[bohong]

Yah intinya istirahat deeeeh. Karena pada saatnya nanti lu bakal bener-bener cape tapi situasi mengharuskan lu untuk menampilkan senyum seindah mungkin. No excuse…

Jadi persiapan fisik itu perlu. Kalo bisa latihan dulu. Latihan grakan berdiri-duduk-berdiri-duduk sambil tangan dalam posisi salaman dan muka menampilkan senyuman selama 2 jam.

Etapi jangan lupa nyiapin buat kehidupan setelah resepsi ya bok. Ok, pesta pernikahan juga perlu tapi jangan sampe mangaburkan esensi dari pernikahan itu sendiri. Perlu banget tuh diobrolin konsep rumah tangga yang dibangun seperti apa. landasannya mau pake apa, pake UUD 45 atau pake dasa darma pramuka. Perlu juga dibahas DOs & DON’Ts, karena kehidupan single itu beda dengan couple. Dulu pas single gw bias kemana aja dengan siapa aja kapan aja karena gw punya rule sendiri, tapi dengan berubahnya status gw harus siap kalo-kalo rule gw ternyata beda dengan rule yang diyakini si suami. Ya dicari win-win solution lah. Semua senang, semua menang. Dua-duanya diuntungkan.

Eh eh ngobrolin cash flow sama pasangan juga penting looo…

Dulu pas masih pacaran kita udah sama-sama tau kisaran penghasilan masing-masing, sebatas tau aja. tapi sekarang tu lebih detail, penghasilan berapa pengeluaran berapa. Itu penting darling….

Intinya sih gw sama pasangan jadi tau pendapatan kita berdua berapa, dan kira-kira saving money-nya berapa. Sapa tau nanti berniat nyalon bupati di kampung. Lumayan buat modal kampanye. Yah…buat masa depan yang lebih cerah.

Dan 1 lagi, ini penting. Penting ini.  rumah tangga masing-masing orang itu beda looo. Ga perlu disama-samain sama tetangga, sama temen kantor, sama sepupu, sama adiknya temen, sama tantenya sepupu temen. Yang penting yang ngejalanin merasa nyaman, seneng, happy, bahagia, sejahtera lahir batin, ga nyusahin orang lain. That’s the point.

Heheu…sok2an nasihatin gini si gw..

Oya, biasanya kalo di acara nikahan itu banyak yang kasih kado ya. Nah kadang sebagai tamu suka bingung ngasih kado apa yang oke, yang berguna. Yah walopun ngasih kado apapun pasti ditrima dan disyukuri tapi akan lebih cihuy kalo kado yg kalian kasih itu ga didiemin aja kan ya…. Ya kan ya kan ya kaaan (bilang iya bilang bilang iya deeeeh).

Kompor, rice cooker, tupperware, alat makan, alat masak, sprei, cobek, tv, bed, kulkas, ac, mesin cuci, rumaaaaaaah….

Itu adalah beberapa jenis kado yang sangat berguna bagi sepasang anak manusia yang baru belajar hidup bersama. Tapi sayangnya ga ada yang ngado 7 barang terakhir yang gw sebutin tadi  K

Walaupun gw tiap hari masak, walopun masakan gw kalo ga goreng ya tumis kalo ga tumis ya goreng, keberadaan kompor + peralatan masak dalam suatu rumah adalah |mutlak|. Paling ngga kalo si suami pengen teh tubruk gw ga perlu numpang masak air ke tetangga sebelah.

Eh eh kalo yg mau ngado voucher carefour juga boleh, berguna banget malah. Lumayan bok,,blanja geratis. (Thanks to vendor yg udah ngasih voucher carefour ya….)

Why don’t you take this test?

Standard

Let’s talk about premarital medical check up.

Pernikahan merupakan suatu peristiwa kehidupan yang membahagiakan. Begitu indah dan istimewanya pernikahan bagi calon mempelai, sehingga peristiwa tersebut akan dipersiapkan secara sungguh-sungguh. Oleh karena itu, sangat dianjurkan kepada calon mempelai untuk memasukkan kegiatan pemeriksaan kesehatan sebelum pernikahan (Medical Check Up Pra Nikah) ke dalam rangkaian persiapan pernikahan.

Di kalangan masyarakat Indonesia, pemeriksaan kesehatan sebelum pernikahan belum biasa dilakukan. Menelusuri riwayat kesehatan keluarga, terutama keluarga calon pasangan masih dianggap hal yang tabu. Selain itu, adanya rasa takut dari calon mempelai akan adanya pembatalan pernikahan seandainya dari pemeriksaan ditemukan penyakit atau kelainan tertentu.

Untuk menyingkirkan rasa takut dan anggapan tabu, kita perlu mengetahui tujuan dan manfaat dari pemeriksaan kesehatan sebelum pernikahan. Tujuan dari Medical Check Up Pra Nikah adalah untuk melakukan pencegahan terhadap kemungkinan penyakit bawaan dari keluarga masing-masing, yang harus disikapi secara bijaksana. Dengan mengetahui sedini mungkin kondisi kesehatan masing-masing calon mempelai, maka akan lebih mudah melakukan upaya pencegahan yang mungkin bisa menyebabkan kelainan bagi keturunannya atau keguguran.

Ada beberapa manfaat yang didapat dari Medical Check Up Pra Nikah, yaitu :

  1. Dapat mengetahui status kondisi kesehatan calon mempelai secara umum.
  2. Apabila terdapat permasalahan kesehatan dapat segera ditangani.
  3. Membantu mempersiapkan mental bagi calon mempelai.

Medical Check Up Pra Nikah, meliputi :

  1. Analisa Hematologi (pemeriksaan hemoglobin, leukosit, eritrosit, trombosit, hitung jenis sel, dll)
  2. Gambaran Darah Tepi, untuk mengetahui kelainan penyakit darah, seperti Thalasemia trait.
  3. Laju Endap Darah (LED), untuk mengetahui proses inflamasi (peradangan).
  4. Golongan darah dan Rhesus faktor, untuk mengetahui kemungkinan golongan darah calon bayi.
  5. Urine rutin, untuk memantau fungsi ginjal dan saluran kemih.
  6. Glukosa Puasa, untuk mengetahui penyakit kencing manis (Diabetes Mellitus)
  7. HbsAg, untuk mengetahui adanya penyakit hati (Hepatitis B).
  8. VDRL, untuk mengetahui kemungkinan adanya penyakit sifilis.
  9. TORCH (untuk calon mempelai wanita), untuk mendeteksi adanya infeksi oleh parasit Toxoplasma, virus Rubella, virus Cytomegalo, dan virus Herpes, yang bila menyerang wanita hamil dapat menyebabkan keguguran, kelainan pada janin (cacat janin) dan kelahiran prematur.

sumber

So,,Perlukah? Pentingkah?

Buat gw semua hal yang namanya pencegahan itu perlu, yang namanya antisipasi itu penting.

That’s why I took premarital medical checkup.

Apalagi setelah baca-baca artikel salah satunya ini, gw mantap ambil premarital MCU. Dari hasil browsing-browsing, gw memutuskan untuk premarital MCU di Prodia (lagi-lagi) RS Bunda karena selain lokasinya deket sama kosan gw, prodia di situ juga buka 24 jam, tiap hari. Di prodia ada paket premarital MCU yang detailnya ada di gambar di bawah ini:

Item test premarital medical checkup prodia

Buat yang bisa beli BB atau bahkan galaxy mini harga itu  masih terjangkau lah😀 *gw aja ga punya*

Test ini bukan cuma buat cewe, tapi cowo juga. Tapi berhubung si pacar lagi sibuk, dan di depok sana prodia cuma buka pas hari kerja dan di jam kerja akhirnya gw dulu aja yang test. Untuk harga paket premarital MCU cowo berkisar 700 – 800rb. I’m sure he will take this test, soon.

Proses di prodia cuma bentar, karena gw dateng pas libur imlek jadi ga ngantri juga. Setelah ambil 4 tabung kecil darah + urin, gw udah bisa pulang dan tinggal nunggu hasilnya.  Empat hari kemudian gw dateng buat ambil hasil test.

Gw baca hasilnya dan gw ga ngerti bahasanya😀 . Yang gw ngerti kalo angka hasil tes masih dalam nilai rujukan brarti ok. Keseluruhan hasil gw ok, kecuali hasil TORCH gw. Anti toxo & anti cmv gw positif dengan konsentrasi 55 & 56.

Panik. Ya, gw panik pas tau hasil toxo & CMV gw positif.  *fyi, gw emang terlahir menjadi orang yang panikan*

Dan gw pun tanya mbak-mbak prodia. Setelah dijelasin gw baru tahu bahwa test TORCH itu ada IgG dan IgM. Tes IgG dimaksudkan untuk memeriksa apakah pada masa lalu si pasien pernah kena infeksi. Sedangkan Tes IgM fungsinya untuk memeriksa apakah saat ini si pasien terinfeksi TORCH. liat sini

Oke, okeee….gw baru tau.

Bener-bener baru tau.

Question : Kenapa ga dikasih tau dari awal pas gw mau ambil tes ini? Karena di paketannya juga cuma ada Igg kan?

Dan kalo gw ga aktif tanya tentang hasil test, gw ga bakal dikasih tau. Padahal nih ya, buat apa ambil tes kalo ga ngerti hasilnya. Buat orang awam kaya gw, tulisan di lembar hasil tes itu ga bisa “bunyi”. Memang sih mereka memang bisa membantu baca hasil est, tapi bantuan itu diberikan kalo kita tanya. Kalo kita ga tanya ya ga bakal dikasih penjelasan. Ng….

Setelah dapet penjelasan itu, gw memutuskan untuk ambil tes anti toxo Igm (185 ribu). Alhamdulillah hasilnya negative, means gw pernah (entah kapan) terinfeksi toxo tapi kemudian tubuh membentuk  kekebalan terhadap parasit itu.

Sebenernya apapun hasil dari test ini ga akal mempengaruhi komitmen gw dan si pacar. Ini bukan tentang itu. Ini tentang gimana kita memahami adanya sebuah resiko kalo ternyata hasil tesnya ga sesuai dengan yang diharapkan. Dalam hidup kita tidak bisa menghilangkan resiko, tetapi kita bisa mengatur untuk menghadapi resiko itu.

Contohnya aja kalo (Alhamdulillah tidak) hasil TORCH gw positif, gw bisa menahan diri untuk tidak hamil dulu karena perlu setidaknya 4 bulan penyembuhan. Tapi nikah dulu ya😀

So, guys…why don’t you take this test?

kristik cantik & menarik, make me sick tapi tetep asik

Standard

Hasil kristik hari pertama

2 minggu kemudian...taraaaaaa...

Yeyeyey…akhirnya malem ini kristik pertama gw kelar juga.
Prok prok prok..give me applause guys

Gw beli kit kristik chinese horoscope ini di ambasador.
Niatnya sih nyari di Crosspoint,tapi berhubung ga nemu (mungkin lagi tokonya libur karena pas imlek) akhirnya gw beli di toko Lenny Needlecraft karena udah gw muterin ambasador yang jual kristik cuma toko itu doang.
Kurang lebih 2 mingguan gw ngerjain kristik monyet ini sampai bisa keliatan wujudnya dengan utuh.
Eh tapi ga juga ding, karena sempet gw tinggal ke cirebon & bandung selama 4 hari, dan kristik ini juga mesti bersaing dengan komik bola,  chicklit , film bajakan, dan kesibukan lain yang seringkali lebih menggoda daripada mengkristik termasuk diantaranya adalah tidur.

Dan project gw selanjutnya adalah….

my next project